Sekolah bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Dari tahun ke tahun penderita autism di masyarakat meningkat. Di Indonesia angka autism pun mengalami keadaan yang sama dengan angka dunia,. Ulasan terakhir epidemiologi memperkirakan bahwa prevalensi satu sampai dua kasus per 1.000 orang untuk menderita autisme, dan sekitar 6 per 1.000 untuk ASD . Selama taun 1990. Jumlah anak yang didiagnosis Autisme meningkat dengan angka signifikan. Sejak saat itu, pertumbuhan kasus berlanjut meningkat dengan stabil setiap tahunnya. Saat ini kira-kira satu dari 150 anak didiagnosa dengan autism, padahal, pada tahun 1990an angka tersebut masih menunjukkan 1 per 10.000 anak. Namun, oleh karena data yang tidak memadai, angka-angka ini mungkin jauh dari prevalensi ASD yang benar.
Sementara itu, anak-anak yang mengalami autism tersebut membutuhkan pendidikan yang sesuai dengan kondisi mereka. Sayangnya, pendidikan semacam itu cukup mahal di Indonesia sehingga jarang orang tua yang mau menyekolahkan mereka di sekolah-sekolah yang sesuai. Hal ini ditambah dengan keadaan sedikitnya jumlah sekolah-sekolah inklusi yang menyediakan pelayanan bagi anak-anak autis. Pada tahun 2010, umlah sekolah-sekolah tersebut kira-kira baru mencapai angka 200 unit .
Oleh karena itu, yang saat ini dibutuhkan untuk mengatasi anak-anak ABK tersebut ialah menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan perkembangan mereka. Kerja sama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan demi menciptakan suatu keadaan yang lebih baik dari anak-anak tersebut, misalnya dengan jalan memberikan beasiswa bagi para Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
Saat ini, salah satu yayasan yang sangat intens dalam mengumpulkan dana untuk penyediaan beasiswa bagi anak-anak berkebutuhan tersebut ialah RumahAutis. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan donasi bagi anak-anak ABK melalui RumahAutis tentulah akan sangat membantu dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus duafa.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: