Sudah Pedulikah Anda dengan ‘Sehat’?

Ilustrasi Istimewa

Sebagai mahasiswa yang mendalami ilmu di ranah kesehatan, tentunya Anda (baca: Calon Ahli Kesehatan) juga perlu memahami seberapa besar kepedulian terhadap kesehatan diri. Jangan sampai muncul suatu kejadian yang justru malah akan menyudutkan Anda ketika turun langsung ke masyarakat. Berikut ialah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan ke masing-masing diri Anda, untuk menentukan apakah tergolong mahasiswa kesehatan yang peduli dengan kesehatan, atau bahkan apatis.
1. Sudah bersihkah, Anda?
Ini merupakan hal simpel yang mudah untuk tidak dipedulikan oleh sebagian besar dari mahasiswa, misalnya seperti cuci tangan, membersihkan kamar pribadi, mencuci pakaian, mandi 2x sehari, atau bahkan gosok gigi. Well, Mulai sekarang, upayakan agar Anda selalu melakukan hal-hal yang dapat menjaga Personal Hygiene karena sesungguhnya kebersihan setidaknya akan menjauhakan diri Anda dari sakit.
2. Sudah Makankah, Anda?
Ini adalah kegiatan yang acap kurang dipedulikan oleh sebagian besar mahasiswa. Sebuah penelitian melalui questioner pernah dilakukan di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2008 lalu oleh penulis dkk., bahwa pola makan mahasiswa UI tergolong tidak baik. Pada umumnya mahasiswa sulit mengatur jam makan mereka karena sibuk menjalankan rutinitas sebagai mahasiswa, baik karena hal akademis, maupun organisasi.
3. Sudah Istirahat cukupkah, Anda?
Terkadang, masalah ‘istirahat’ juga menjadi dilema tersendiri bagi mahasiswa. Ingin istirahat, tapi terhalang oleh tugas yang menuntut penyelesaian secepatnya. Yang pasti, tubuh yang lemah dapat membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit.
4. Sudah Olahragakah, Anda?
Jangan mentang-mentang ada begitu banyak kesibukan, olah raga menjadi hal yang benar-benar ditinggalkan oleh mahasiswa. Setidaknya, upayakan agar Anda berolah raga minimal 30 menit sehari. Dengan berolah raga, tubuh tentunya akan menjadi segar.
Empat pertanyaan di atas tentu belum dapat sepenuhnya merefleksikan kondisi kesehatan Anda. Pertanyaan di atas hanyalah beberapa pertanyaan simpel, dan terkadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan dari mahasiswa. Sebelum menyampaikan pesan kesehatan kepada orang lain, tentunya akan jauh lebih baik jika upaya preventif kesehatan yang kecil dimulai dari diri Anda sendiri. Jadi, mulailah hidup sehat sedini mungkin.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: